Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
Sekolah : SD N Dukuh 02 Salatiga
Kelas/Semester : Tiga/I
Tema/Subtema : Perubahan di Alam/ Perubahan Iklim
dan Cuaca
Pembelajaran : 6
Alokasi
Waktu :
Hari,
tanggal : Sabtu, 21 Oktober
2017
A.
Kompetensi
Inti
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri daam
berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda – benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda,
sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca,
rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati
dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan
wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan
iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri
dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator
3.1.1 Mengidentifikasi informasi yang terdapat pada
teks informatif
4.1.1 Menceritakan
secara lisan isi teks informatif
PPKn
3.1 Memahami
simbol – simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila
4.1 Mengamati
dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan
pemahamannya terhadap simbol sila – sila Pancasila
Indikator
3.1.1 Mengumpulkan
informasi dari teman kelompok tentang upaya yang telah dilakukan dalam
pencegahan pemanasan global
Matematika
3.14 Menentukan
perbandingan data menggunakan tabel grafik batang, dan grafik lingkaran
4.14 Mengumpulkan dan
menata data kategorikal atau diskrit dan menampilkan data menggunakan bagan dan
grafik, termasuk grafik batang vertikal dan horizontal dengan label terurut
sesuai dengan grafik batang horizontal
Indikator
3.14.1 Membuat
grafik batang berdasarkan data yang diperoleh
3.14.2 Mengidentifikasi grafik batang
4.14.1 melengkapi
grafik batang berdasarkan data yang telah diperoleh
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah
membaca teks “Penghijauan di Kampung Udin”, siswa dapat mengidentifikasi
informasi yang terdapat di dalamnya dengan tepat
2.
Dengan
membaca teks “Penghijauan di Kampung Udin”, siswa mampu menceritakan kembali
secara lisan di depan kelas dengan percaya diri
3.
Melalui
wawancara, siswa dapat mengumpulkan informasi tentang upaya yang telah
dilakukan dalam pencegahan pemanasan global
4.
Setelah
mengumpulkan data, siswa dapat mempresentasikan di depan kelas dengan penuh
percaya diri
5.
Berdasarkan
data yang diperoleh, siswa dapat membuat grafik batang dengan benar
6.
Dengan
melihat gambar grafik batang, siswa mampu mengidentifikasi informasi yang
terdapat di dalamnya dengan tepat
7.
Berdasarkan
data yang diperoleh, siswa dapat melengkapi grafik batang dengan kertas warna
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Bahasa
Indonesia : teks informatif (terlampir)
2.
PPKn : upaya pencegahan pemanasan
global
3.
Matematika : grafik batang
E.
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Model : Group Investigation
3.
Metode : diskusi, tanya jawab, penugasan
F.
Media,
Alat dan Sumber Belajar
1.
Media
a.
Kertas
warna
2.
Alat
a.
Lem
3.
Sumber
belajar
a.
Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Buku Guru Kelas III SD/MI Perubahan di Alam.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
b.
Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Buku Siswa Kelas III SD/MI Perubahan di Alam.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
G.
Langkah
– Langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Memasuki
kelas dan memberi salam kepada siswa
2. Memintas
siswa yang datang paling awal untuk memimpin doa (PPK)
3. Mengecek
kehadiran siswa dengan memanggil nama siswa sesuai absen
4. Siswa
bersama guru menyanyikan lagu “Berkibarlah Benderaku” (nasionalisme)
5. Apersepsi:
·
6. Siswa
menyimak penjelasan guru tentang kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai
|
|
Inti
|
1. Siswa
diminta untuk membuka buku siswa halaman 117 dan membaca teks dengan judul
“Penghijauan di Kampung Udin”
2. Siswa
mengidentifikasi informasi dari teks “Penghijauan di Kampung Udin” dan
menuliskannya di buku tulis
3. Siswa
yang menerima undian dari guru menceritakan kembali teks “Penghijauan di
Kampung Udin”
4. Guru
memberikan penguatan tentang informasi yang terdapat dalam teks “Penghijauan
di Kampung Udin”
5. Guru
menghubungkan penghijauan dengan pemanasan global
6. Membentuk
kelompok, satu kelompok terdiri atas 4 siswa dan membagikan lembar kerja
siswa (terlampir)
7. Siswa
mendengarkan instruksi dari guru untuk tugas yang akan dikerjakan
8. Siswa
memulai sesi tanya jawab tentang upaya yang telah dilakukan untuk pencegahan
pemanasan global
9. Setelah
sesi tanya jawab selesai, perwakilan kelompok mempresentasikan hasilnya di
depan kelas
10. Guru
memberikan masukan apa yang dapat dilakukan siswa untuk mencegah pemanasan
global
11. Guru
menanyakan kepada siswa kolom yang mereka isi saat sesi tanya jawab itu
bernama apa.
12. Siswa
menjelaskan tentang komponen tabel
13. Guru
meminta siswa untuk membuka buku siswa halaman 114 – 115
14. Siswa
mengerjakan tugas yang diberikan guru
15. Meminta
siswa menggambarkan grafik batang sesuai data yang diperoleh di papan tulis
16. Secara
berkelompok siswa melengkapi grafik batang dengan kertas warna
17. Siswa
bertanya jika masih ada materi yang belum dimengerti
18. Guru
membagikan tugas evaluasi kepada siswa
19. Siswa
yang sudah selesai mengumpulkan tugas evaluasi kepada guru
|
|
Penutup
|
1.
Guru bertanya kepada siswa materi apa saja yang
telah diperoleh siswa pada pembelajaran hari ini
2.
Memberi kesempatan pada siswa jika ada yang ingin
disampaikan
3.
Guru mengajak siswa untuk merefleksi kegiatan
pembelajaran yang telah dilalui
4.
Memberikan tindak lanjut berupa pekerjaan rumah
kepada siswa
5.
Salah satu siswa memimpin doa pulang
6.
Pembelajaran berakhir, diakhiri dengan salam
|
H.
Penilaian
1.
Teknik
Penilaian
a.
Penilaian
sikap : Observasi
b.
Penilaian
pengetahuan : Tes
c.
Penilaian
keterampilan : Keterampilan berbicara
2.
Bentuk
Instrumen Penilaian (terlampir)
Catatan:
1. Refleksi
a. Hal yang perlu menjadi perhatian
b. Hal yang menjadi catatan keberhasilan
c. Hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
2. Remedial
Memberikan
remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan
3. Pengayaan
Memberikan
kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi
0 Response to "Rencana Pelaksanaan Pembelajaran"
Post a Comment
Silahkan berkomentar yang relevan dan jangan melakukan SPAM atau meninggalkan link hidup demi kebaikan dan terjamin keindahan dalam persahabatan.