Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP)
Kelas VI
Semester 1
Tahun Pelajaran 2017 – 2018
Tema : 3. Tokoh
dan Penemu
SUB TEMA : 3. Ayo, Menjadi Penemu
PEMBELAJARAN KE- 5
Oleh : ...........................
Nim :.........................
SDN....................
................................
RENCANA
PELAKSANAAN PEBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD Negeri
Kelas/Semester : VI (enam) / 1
Tema : Tokoh dan Penemuan
Subtema : Ayo, Menjadi Penemu
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (70 menit)
Pembelajaran : 5
Hari / Tanggal : Senin, 14 September 2017
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI 1 :
|
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2 :
|
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
|
KI 3 :
|
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
|
KI 4 :
|
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Baca juga :
|
B.
Kompetensi Dasar dan
Indikator
Bahasa
Indonesia
3.2 Menguraikan
isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat
benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku.
Indikator
:
3.2.1 Menjelaskan isi teks eksplanasi
ilmiah tentang energi listrik dan baterai.
4.2 Menyajikan teks penjelasan
(eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas,
energi listrik dan perubahannya, serta tata surya secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
:
4.2.1 Menyajikan teks eksplanasi
ilmiah tentang energi listrik dan baterai.
IPA
3.1 Mengidentifikasi kegunaan energi
listrik, konversi energi listrik, transmisi energi listrik, dan berpartisipasi
dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator
:
3.1.1 Menjelaskan hubungan energi listrik dan baterai.
4.3 Membuat laporan hasil percobaan
tentang hantaran listrik yang mencakup pengumpulan data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Indikator
:
4.3.1 Menyajikan laporan hasil observasi
tentang energi listrik dan baterai.
IPS
3.1 Mengemukakan
keragaman aspek keruangan dan konektivitas antar ruang, waktu, perubahan. Dan
keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, pendidikan, dan budaya
dalam masyarakat Indonesia .
Indikator
:
3.1.1 Menjelaskan perubahan kehidupan masyarakat dengan ditemukannya baterai.
4.1 Menyajikan
hasil pengamatan terhadap keragaman aspek keruangan dan konektivitas antar
ruang, waktu, perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek sosial,
ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia dalam bentuk cerita,
tulisan atau media lainnya.
Indikator
:
4.1.1 Mengkomunikasikan hasil pengamatan tentang perubahan kehidupan
masyarakat sekitar di aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dengan ditemukannya
baterai.
C.
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan
observasi, siswa mampu menjelaskan perbedaan dua jenis baterai dan hubungannya
dengan energi lisrik dengan logis.
2. Dengan
investigasi, siswa mampu menyajikan teks eksplansi ilmiah tentang energi
listrik dan baterai dengan semangat teliti.
3. Dengan
observasi, siswa mampu menyajikan laporan hasil observasi tentang energi
listrik dan baterai dengan logis.
4. Dengan
investigasi, siswa mampu menemukan perubahan kehidupan masyarakat dengan
ditemukannya baterai dengan kritis.
5. Dengan
investigasi, siswa mampu mengomunikasikan hasil pengamatan tentang perubahan
kehidupan masyarakat sekitar di aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dengan
ditemukannya baterai dengan kritis.
D.
Materi Pembelaaran
§ Membaca
dan menemukan informasi dari berbagai sumber..
§ Menulis
teks eksplanasi ilmiah berdasasrkan hasil pengamatan.
§ Menuliskan
data hasil investigasi tentang pengaruh listrik dan baterai bagi masyarakat di
aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya
.
E.
Metode Pembelajaran
§
Pendekatan : Saintifik (mengamati,
menanya, mengumpulkan informasi / mencoba,
mengasosiasi /
mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
§
Metode : Permainan / simulasi,
diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
F.
Media, Alat, dan Sumber
Pembelajaran
§ Buku
Siswa Tema : ”Tokoh dan Penemuan”, Subtema : Ayo, Menjadi Penemu Kelas VI (Buku
Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2015, halaman 129-134).
§ Baterai
sekali pakai dan baterai isi ulang.
§ Power
Bank.
§ Video
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
§
Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdoa menurut agma dan keyakinan masing-masing.
§
Guru mengajak semua siswa untuk hormat
pada bendera Merah Putih yang berada di dalam kelas dilanjutkan dengan
menyanyikan lagu Indonesia Raya.
§
Guru mengecek kesiapan diri dengan
megisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapian pakaian, posisi dan tempat
duduk sesuai dengan kegiatan pembelajaran.
§
Menginformasikan tema yang akan
dibelajarkan yaitu tentang “ Tokoh dan Penemuan”.
§
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
yang akan dicapai. Yaitu ”Siswa mamahami tentang perbedaan baterai sekali
pakai dan baterai isi ulang serta dampak penggunaan baterai sekali pakai dan
baterai isi ulang dengan baik dan benar”
§
Guru menyampaikan tahapan kegiatan
yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengkomunikasikan,
dan menyimpulkan.
|
5 menit
|
Kegiatan
Inti
|
§
Siswa diminta memperhatikan sekitar
mereka untuk menemukan benda-benda yang menggunakan baterai. (Mengamati)
§
Siswa menonton video tentang energi
listrik dan baterai.(mengamati)
§
Siswa mencatat informasi yang didapat
pada sehelai kertas sebagai bahan untuk kegiatan berikutnya di kelas.
(Mengekplorasi)
§
Siapkan dua jenis baterai, yaitu
baterai sekali pakai dan baterai isi ulang.
§
Bagi siswa menjadi beberapa kelompok
kecil untuk mengamati dua jenis baterai tersebut. Usahakan setiap kelompok
mendapatkan dua jenis baterai untuk diamati bersama.
§
Siswa berdiskusi berpasangan dengan
seorang teman untuk menemukan jawaban dari pertanyaan tentang baterai.
§
Siswa melakukan analisa untuk
menemukan persamaan dan perbedaan dari: pusat pembangkit listrik, baterai isi
ulang, dan baterai sekali pakai. (Mengasosiasi) penilaian 1
§
Siapkan Power Bank dan tunjukkan pada
siswa untuk memperdalam wawasan mereka tentang listrik dan baterai.
§
Ingatkan siswa untuk bersyukur pada
Tuhan yang telah membantu manusia menemukan energi listrik dan baterai.
Memilih untuk menggunakan baterai isi ulang adalah wujud dari rasa syukur
tersebut
§
Siswa bersama guru mencari tahu
tentang pengaruh baterai dalam kehidupan masyarakat. Ingatkan mereka bahwa
seorang penemu selalu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, tekad kuat,
disiplin, kerja keras, dan pantang menyerah.
§
Siswa menuliskan dalam bagan yang
tersedia. (Penilaian 3) (Mengasosiasi)
|
60 menit
|
Penutup
|
§
Peserta didik membuat kesimpulan
dibantu dan dibimbing guru.
§
Melaksanakan penilaian dan refleksi
dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang
telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
§
Merencanakan kegiatan tindak lanjut
dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
§
Menyampaikan rencana pembelajaran pada
per¬temuan berikutnya.
§
Menutup pelajaran dengan berdoa dan
salam.
|
5 menit
|
H.
Penilaian
1. Teknik
Penilaian
a. Penilaian
Sikap: tanggung jawab, teliti, dan disiplin.
b. Penilaian
Pengetahuan: jawaban singkat, uraian.
c. Penilaian
Keterampilan: unjuk kerja
2. Bentuk
Instrumen Penilaian
a. Penilaian
Sikap
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Aspek
yang Dinilai
|
||
Percaya
Diri
|
Teliti
|
Disiplin
|
||
1
|
Richard
|
|
|
|
2
|
Naula
|
|
|
|
3
|
......
|
|
|
|
Keterangan : 1 : Kurang, 2 : Cukup, 3 :
Baik, 4 : Baik Sekali
3. Penilaian
a. Penilaian
tugas IPA, menjawab pertanyaan ,dan diperiksa kebenarannya.
b. Penilaian
tugas Bahasa Indonesia : tulisan eksplanasi tentang listrik dan baterai.
Berdasarkan Pengamatan.
Keterampilan
|
Sangat Baik
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Kurang
(1)
|
Membaca: menjawab pertanyaan bacaan.
|
Menuliskan 5 informasi dari pertanyaan
bacaan dengan benar.
|
Menuliskan 4 informasi dari pertanyaan
bacaan dengan benar.
|
Menuliskan 3 informasi dari pertanyaan
bacaan dengan benar.
|
Menuliskan 2 informasi dari pertanyaan
bacaan dengan benar.
|
Menulis: tulisan eksplanasi ilmiah
|
Paragraf lengkap memuat: pernyataan
umum, penjelasan, dan interpretasi. Pemakaian huruf besar dan tanda baca
tepat.
Penggunaan kosa kata baku benar Tulisan
rapi dan terbaca
Informasi berdasarkan fakta hasil
wawancara dan observasi.
|
Memenuhi 4 dari 5 kriteria di kolom 1.
|
Memenuhi 3 dari 5 kriteria di kolom 1.
|
Hanya memenuhi 2 kriteria.
|
Berbicara: Wawancara dengan nara sumber
|
Siswa melakukan wawancara dengan:
Pertanyaan yang jelas dan dimengerti.
Suara terdengar dengan jelas . Percaya
diri.
|
Memenuhi 2 dari 3 kriteria di kolom 1.
|
Memenuhi 1 dari 3 kriteria di kolom 1.
|
Tidak memenuhi semua kriteria di kolom
1.
|
Menyimak
|
Siswa menyimak jawaban nara sumber
dengan:
Penuh perhatian. Menulis informasi hasil
wawancara dengan tepat. Memberikan tanggapan
dengan tepat.
|
Memenuhi 2 dari 3 kriteria di kolom 1.
|
Memenuhi 1 dari 3 kriteria di kolom 1.
|
Tidak memenuhi semua kriteria di kolom
1.
|
Sikap
|
Siswa mengerjakan tugas dengan: Tekun
Mandiri
Percaya diri
Selesai tepat waktu.
|
Memenuhi 3 dari 4 kriteria di kolom 1.
|
Memenuhi 2 dari 4 kriteria di kolom 1.
|
Hanya memenuhi 1 kriteria.
|
Skor: 16 × 10 = 8,3
20
Keterampilan
|
Sangat Baik
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Kurang
(1)
|
Menulis: tulisan eksplanasi ilmiah
|
Paragraf lengkap memuat: pernyataan
umum, penjelasan, dan interpretasi. Pemakaian huruf besar dan tanda baca
tepat.
Penggunaan kosa kata baku benar Tulisan
rapi dan terbaca
Informasi berdasarkan fakta hasil
wawancara dan observasi.
|
Memenuhi 4 dari 5 kriteria di kolom 1.
|
Memenuhi 3 dari 5 kriteria di kolom 1.
|
Hanya memenuhi 2 kriteria.
|
Berbicara: Wawancara dengan nara sumber
|
Siswa melakukan wawancara dengan:
Pertanyaan yang jelas dan dimengerti.
Suara terdengar dengan jelas . Percaya
diri.
|
Memenuhi 2 dari 3 kriteria di kolom 1.
|
Memenuhi 1 dari 3 kriteria di kolom 1.
|
Tidak memenuhi semua kriteria di kolom
1.
|
Menyimak
|
Siswa menyimak jawaban nara sumber
dengan:
Penuh perhatian. Menulis informasi hasil
wawancara dengan tepat. Memberikan tanggapan
dengan tepat.
|
Memenuhi 2 dari 3 kriteria di kolom 1.
|
Memenuhi 1 dari 3 kriteria di kolom 1.
|
Tidak memenuhi semua kriteria di kolom
1.
|
Sikap
|
Siswa mengerjakan tugas dengan: Tekun
Mandiri
Percaya diri
Selesai tepat waktu.
|
Memenuhi 3 dari 4 kriteria di kolom 1.
|
Memenuhi 2 dari 4 kriteria di kolom 1.
|
Hanya memenuhi 1 kriteria.
|
Skor: 16 × 10 = 8,3
20
c. Penilaian
tugas IPS : Pengaruh baterai pada Kehidupan masyarakat sekitar.
Kriteria
|
Bagus
(4)
|
Cukup
(3)
|
Kurang
(2)
|
Berlatih
Lagi (1)
|
Mengumpulkan
informasi pengaruh baterai terhadap kehidupan masyarakat
|
Menemukan paling sedikit 4 contoh
pengaruh di aspek Sosial
|
Menemukan 3 contoh pengaruh aspek
sosial.
|
Menemukn 2 contoh pengaruh di aspek
sosial.
|
Menemukan 1 contoh pengaruh aspek
sosial.
|
Menemukan paling sedikit 4 pengaruh di
aspek ekonomi
|
Menemukan 3 pengaruh di aspek ekonomi
|
Menemukan 2 pengaruh di aspek ekonomi
|
Menemukan 1 pengaruh di aspek ekonomi
|
|
Menemukan paling sedikit 4 contoh
pengaruh di aspek Pendidikan
|
Menemukan 3 contoh pengaruh di aspek
Pendidikan
|
Menemukan 2 contoh pengaruh di aspek
Pendidikan
|
Menemukan 1 contoh pengaruh di aspek
Pendidikan
|
|
Menemukan paling sedikit 4 contoh
pengaruh di aspek Budaya.
|
Menemukan 3 contoh pengaruh di aspek
Budaya.
|
Menemukan 2 contoh pengaruh di aspek
Budaya.
|
Menemukan 1 contoh pengaruh di aspek
Budaya.
|
|
Kesimpulan
|
Seluruh
informasi benar
|
Sebagian
informasi benar
|
Setengah
bagian informasi benar
|
Hanya sebagian
kecil informasi yang benar
|
Ketrampilan
|
Siswa mampu
bertanya bersikap santun, rajin, pntang menyerah, percaya diri
|
Memenuhi 3
dari 5 kriteria dikolom 1
|
Memenuhi 2
dari 5 kriteria di kolom 1
|
Hanya memenuhi
1 kriteria di kolom 1
|
Mengetahui Senin, 14 september 2017
Guru
Kelas VI Praktikan
(................. S.Pd SD )
NIP. ............................. ( ........................... )
Kepala
Sekolah,
NIP. ....................................
Demikianlah cara membuat RPP ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ) semoga bermanfaat
0 Response to "cara membuat RPP ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran )"
Post a Comment
Silahkan berkomentar yang relevan dan jangan melakukan SPAM atau meninggalkan link hidup demi kebaikan dan terjamin keindahan dalam persahabatan.