KISI-KISI
SOAL EVALUASI
KELAS : VI (enam)
TEMA : 3. Tokoh dan Penemuan
SUBTEMA :
3. Ayo, Menjadi Penemu
PEMBELAJARAN : 5
JUMLAH SOAL : 10
BENTUK SOAL : Isian dan Uraian
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
Nomor Soal
|
Skor Soal
|
1. IPA
|
3.1 Mengidentifikasi kegunaan energi listrik,
konversi energi listrik, transmisi energi listrik, dan berpartisipasi dalam
penghematannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Penemu baterai yaitu” Alessandro Volta”
|
Menyebutkan penemu baterai dan menyebtkan benda-benda
yang menggunakan baterai dilingkungan hidup
|
Isian
Uraian
|
1,
2
|
2
|
4.3 Membuat laporan hasil percobaan tentang
hantaran listrik yang mencakup pengumpulan data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
|
Hubungan energi listrik dan baterai
|
Fungsi baterai dan perbedaan baterai isi ulang dan
baterai sekali
|
Uraian
|
3,
4
|
3
|
|
2. Bahasa
Indonesia
|
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan (eksplanasi)
ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi
listrik dan perubahannya, serta tata surya dengan bantuan guru dan teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata
baku.
|
Teks eksplanasi ilmiah tentang eergi listrik dan
baterai.
|
Menjelaskan pengertian power bank
|
Isian
|
9
|
2
|
4.2 Menyajikan teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah
tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik
dan perubahannya, serta tata surya secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
|
Teks eksplanasi ilmiah tentang eergi listrik dan
baterai.
|
Meuliskan teks eksplanasi tentang energi listrik
power bank dan baterai
|
Uraian
|
10
|
3
|
|
3. IPS
|
3.1 Mengemukakan keragaman aspek keruangan dan
konektivitas antar ruang, waktu, perubahan. Dan keberlanjutan kehidupan
manusia dalam aspek ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat
Indonesia .
|
Penggunaan baterai dilingkungan masyarakat
|
Menjelaskan tetang pengaruh penggunaan baterai
dalam berbagai bidang
|
Uraian
|
6,
7,
8
|
3
|
4.1 Menyajikan hasil pengamatan terhadap keragaman
aspek keruangan dan konektivitas antar ruang, waktu, perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan
budaya dalam masyarakat Indonesia dalam bentuk cerita, tulisan atau media
lainnya
|
Perubahan masyarakat sekitar dengan ditemukannya
baterai dalam aspek sosial, ekonomi, budaya, dan pendidikan.
|
Menyebutkan baterai yang ramah lingkungan
|
Isian
|
5
|
2
|
Baca juga : cara mencari bitcoin gratis
Lampiran Soal Evaluasi
Tema : 3. Tokoh dan Penemuan
Subtema : 3. Ayo, Menjadi Penemu
Pembelajaran : 6
Hari/ Tanggal : Sabtu, 18 September 2017
Nama :
No absen :
Kelas : VI (enam)
Nilai :
Kerjakan soal dibawah
ini dengan benar dan tepat!
1.
Siapa penemu batu
baterai?
2.
Sebutkan 3 benda
disekitarmu yang menggunakan baterai!
3.
Sebutkan fungsi
baterai!
4.
Jelaskan apa yang
dimaksud baterai isi ulang dan baterai sekali pakai!
5.
Baterai manakah yang
lebih ramah lingkungan?
6.
Jelaskan pengaruh
baterai dalam bidang sosial!
7.
Jelaskan pengaruh
baterai dalam bidang ekonomi!
8.
Jelaskan pengaruh
baterai dalam bidang pendidikan!
9.
Perhatikan gambar
dibawah ini! Apa nama benda yang berada disamping hp dibawah ini?
10.
Apa yang kalian ketahui
tentang Power Bank? Jelaskan dengan bahasa kalian sendiri!
Selamat Mengerjakan !!!!
Lampiran
Kunci
Jawaban
Materi Pelajaran
|
No Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
IPA
|
1
|
Alessandro Volta
|
2
|
2
|
Senter, radio, HP, Labtop, jam
|
2
|
|
3
|
Alat untuk menyimpan energi listrik
|
3
|
|
4
|
Baterai Isi Ulang adalah baterai yang digunakan untuk
menyimpan energi listrik yang dapay digunakan berulang kali setelah di isi
ulang kembali dengan charge.
Baterai sekali pakai adalah baterai yang digunakan
menyimpan energi lestrik dan hanya bisa digunakan dalam sekali pakai jika
habis tidak bisa digunakan lagi.
|
3
|
|
IPS
|
5
|
Baterai isi ulang karena bisa digunakan kembali
dan tidak menimbulkan limbah yang banyak
|
2
|
6
|
·
Baterai memberikan banyak kemudahan,
serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia.
·
Baterai membantu meningkatkan
komunikasi masyarakat bahkan dalam tingkat global, misalnya pada alat
komunikasi handphone.
·
Baterai dapat digunakan untuk
menggerakan beberapa peralatan yang memudahkan pekerjaan manusia. seperti
baterai pada remote kita tak perlu lagi menekan tombol tv karena sudah ada
remote.
·
Baterai dapat membantu sebagian
pekerjaan manusia dengan menggunakan baterai pekerjaan menadi lebih mudah
dikerjakan.
|
3
|
|
7
|
·
Baterai sebagai barang yang
diperjual-belikan yang dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat
pelaku usaha.
·
Proses pembuatan batu baterai
membutuhkan sumber daya alam yang tidak dimiliki oleh semua negara sehingga
membutuhkan ekspor dan impor dalam pengadaan bahan baku.
·
Dengan ditemukannya batera membuka
penciptaan lapangan kerja baru seperti tukang reparasi alat elektronik, chas
aki, dan lain-lain.
·
Baterai dapat menjadi salah satu
komoditas bisnis menjanjikan yang dapat peluang industri dan bisnis sehingga
menciptakan berbagai lapangan pekerjaan.
|
3
|
|
8
|
·
Baterai digunakan dalam proses
kegiatan belajar-mengajar, misalnya pada mikrofon, laser pointer, bel pelajaran,
dan stopwatch guru olahraga.
·
Baterai digunakan pada media
pembelajaran seperti laptop atau
netbook, kalkulator sehingga memudahkan proses belajar mengajar di sekolah.
·
Baterai sebagai sebuah penemuan terus
dipelajari dan diteliti dengan tujuan untuk pengembangan dan penyempurnaan.
·
Baterai merupakan penemuan yang
menjadi jembatan atas penemuan-penemuan baru yang merupakan hasil dari
pendidikan teknologi mutakhir.
|
3
|
|
Bahasa Indonesia
|
9
|
Power Bank
|
2
|
10
|
Power Bank, alat yang mampu
menyimpan dan memindahkan energi listrik sehingga membantu manusia untuk
tetap bisa berkomunikasi saat melakukan perjalanan jauh dan sulit menemukan
sumber listrik
|
3
|
ANALISIS
SOAL
TEMA : 3.
TOKOH DAN PENEMU
SUBTEMA
: 3. AYO, MENJADI PENEMU
PEMBELAJARAN
KE- 5
No
|
Nama Siswa
|
Nomor Soal
|
Jumlah
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
B
|
S
|
||
1
|
A
|
||||||||
2
|
B
|
||||||||
3
|
C
|
||||||||
4
|
D
|
||||||||
5
|
E
|
||||||||
6
|
F
|
Lampiran remidial
Remidial
§ Siswa
yang belum memahami cara menuliskan teks ekplanasi, akan berlatih lagi
didampingi guru. Melakukan tes sesuai tes evaluasi kembali.
PR.
·
Temukan beragam benda
di rumah yang menggunakan baterai. Diskusikan dengan orang tua mengenai manfaat
baterai dan pentingnya untuk memilih menggunakan baterai isi ulang bagi
lingkungan.
Lampiran
CATATAN
0 Response to "Cara Membuat KISI-KISI SOAL EVALUASI"
Post a Comment
Silahkan berkomentar yang relevan dan jangan melakukan SPAM atau meninggalkan link hidup demi kebaikan dan terjamin keindahan dalam persahabatan.